Translate

Minggu, 16 September 2012

URIP IKU URUP



Asslamualaikum. Lama tak menulis di blog ini, Mari riyoyoan, sitik ae yo dulur.
Saya ingat pepatah jawa "Urip Iku kudu gawe urup". Artinya : Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita. Semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik. Tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat.

Tidak kita pungkiri, baik dalam agama maupun kepercayaan yang dianut manusia baik jaman saat ini maupun jaman dahulu, bahwa kita hidup didunia ini hanyalah sebuah ujian untuk mendapatkan kehidupan yang kekal yang lebih baik di kehidupan berikutnya.

Urip iku Urup, kita hidup dengan meningkatkan religi, memelihara alam dan sosial seimbang. Karena hidup tidak selamanya bekerja untuk mencari nafkah, dan tidak selamanya hanya beribadah saja. Sosial sebagai sarana, ibadah sebagai kontrol hidup dan Menjaga keseimbangan alam sebagai wadah/tempat untuk hidup bagi kita sampai generasi berikutnya. mulai dari yang kecil, maka perlahan akan besar. begitu juga hidup untuk memberikan manfaat bagi sekitarnya, kelak pasti bermanfaat balik bagi kita, Tuhan tidak tidur, Maha Segalanya. 
Jaga Kawan, jaga bumi, jaga air
tetap pada jalur..\m/
Sumber : buku Kejawen dan berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar